GURU = MURID = GURU = GURU

Al-Khatib Al-Bagdady menulis dalam Manakibussyafi’ei suatu kejadian menggugah. Khususnya bagi kita saat ini dimana kepongahan telah menjadi hambatan besar kita dalam memuliakan ilmu.

Suatu hari Al-Imam As-Syafi’i sedang dalam suatu perjalanan menuntut ilmu dan hendak meninggalkan Bagdad. Mengetahui hal itu Al-Imam Ahmad bin Hambal (Guru beliau dalam bidang Hadits) mengejar dan dengan berlari di samping unta imam Syafi’i menanyakan istinbath, suatu hadist. Kejadian itu disaksikan oleh banyak orang yang tentu saja mengukur akal budi kedua imam teladan itu dengan diri mereka, sebagai mana biasa kita lakukan lakukan. Diantara mereka ada yang menulis surat teguran kepada Imam Ahmad karena keberatan mereka sebab seorang guru tidaklah pantas berlarian disamping kendaraan muridnya hanya untuk mendengar pendapatnya.

Al-Imam Ahmad bin Hambal dengan singkat menjawab mereka:  “Sayang kalian menyibukkan diri dengan gengsi. Kalau saja kalian mengikutiku dan turut mendengar dari sisi sebelahnya, maka kalian akan mendapat ilmu yang bermanfaat”

Al-Khatib juga menukil bahwa suatu hari Al-Imam Syafi’i datang belajar kepada Imam Ahmad bin Hambal dan berkata: Wahai guru, tentang hadits tuanlah tempat kami belajar. Jika Tuan mendapatkan suatu hadits shahih, maka pastikan bahwa pendapat tuan itulah juga pendapat kami.

Disebutkan pula bahwa guru dari kedua Imam kita tersebut juga berguru kepada Al-Imam Sufyan ibnu Uyainah. Suatu kali dalam majlisnya Imam Syafi’i khusyuk mengikuti, tiba-tiba Imam Sufyan ibnu Uyainah meminta Imam Syafi’i mengganti beliau menjadi guru lalu beliau sendiri turut duduk menjadi murid.

Ini pelajaran atau boleh dikatakan sebagai tempelengan bagi kita yang saat ini kesengsem dengan urusan gengsi dan harga diri yang tidak pada tempatnya. Al-Ustaz Yusuf Mansyur, Akl-Ustaz Muhammad Arifin Ilham sudah mulai menunjukkan kepada kita bagaimana meneladani Salafussholih dalam berdak’wah. Semoga limpahan rahmat Allah SWT. untuk kita semua. Amiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: