4 JUTA WIRAUSAHA BARU

TB Ardi Januar – Okezone
Minggu, 29 April 2012 18:51 wib
JAKARTA – Pemerintah memerlukan empat juta pelaku wirausaha mandiri untuk bisa memanfaatkan peningkatan investasi yang masuk saat ini dan menjadikan Indonesia sebagai negara maju.
“Oleh karena itu, saya menginginkan pemuda-pemuda di desa atau di daerah jangan menganggur. Kita bisa melakukan sesuatu, misalnya mereka dilatih membuka bengkel atau berbisnis yang sederhana dan bisa meningkat ke usaha yang mapan,” kata Menko Perekonomian yang juga Ketum PAN Hatta Rajasa saat memberikan motivasi kepada ratusan calon wirausaha muda di Surabaya, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/4/2012).

Menurut Hatta, realisasi investasi proyek penanaman modal pada triwulan I-2012 tercatat senilai Rp71,2 triliun. Dibandingkan dengan realisasi pada periode yang sama pada tahun lalu, terjadi peningkatan sebesar 32,8 persen.

Menteri Perdagangan yang merangkap Kepala BKPM Gita Wirjawan pernah mengatakan bila realisasi senilai Rp71,2 triliun tersebut terdiri atas investasi dalam negeri senilai Rp19,7 triliun dan investasi asing senilai Rp51,5 triliun.

“Realisasi investasi yang terus meningkat ini harus mampu dimanfaatkan generasi muda Indonesia sehingga tidak menjadi penonton di negeri sendiri,” kata Hatta.

Adapun untuk memenuhi target empat juta wirausahawan mandiri tersebut, Hatta menyebutkan ada empat faktor yang sangat memengaruhi dan harus dilakukan pihaknya, yakni faktor pendidikan.

“Kedua inkubator yakni seperti memberikan pelatihan dan pendampingan. Baru kemudian permodalan kemudian aksesnya seperti KUR. Serta mengkolaborasikan dengan usaha yang sudah maju perusahaan besar,” jelasnya.

Hatta pun berjanji kepada ratusan calon wirausaha muda yang berhasil membuat bisnis plan terpilih yang mengikuti pelatihan akan membantu mencarikan investor.

Selain itu, dia menambahkan, upaya meningkatkan minat berwiraswasta telah di mulai dengan melakukan pemerataan investasi ke seluruh wilayah sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat atau pengusaha lokal. Pemerataan investasi melalui berbagai kebijakan memperlihatkan hasil yang cukup menggembirakan.

Hal tersebut terlihat dari realisasi investasi luar Jawa yang hampir mendekati separuh dari total realisasi investasi pada periode ini.

“Kami yakin dengan percepatan pembangunan infrastruktur termasuk penyediaan listrik dan gas akan terjadi peningkatan dan penyebaran investasi yang lebih besar di masa mendatang. Ini merupakan peluang sekaligus tantangan generasi muda untuk berwiraswasta,” ungkap hatta.

Sekadar informasi, realisasi investasi di luar Pulau Jawa sebesar Rp33,6 triliun atau 47,2 persen dari total realisasi investasi. Apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu terdapat peningkatan realisasi investasi sebesar Rp9,9 triliun atau terdapat peningkatan sebesar 41,8 persen. (ade)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: